Pendahuluan

PENDAHULUAN

Paradigma baru manajemen pendidikan pada Program Studi Magister Matematika(PSMMAT) Program Pascasarjana Unsyiah sebagai bagian dari perguruan tinggi menitikberatkan pada pentingnya otonomi institusi yang berlandaskan pada akuntabilitas, evaluasi, akreditasi, dan berujung pada tujuan akhir yaitu peningkatan kualitas secara berkelanjutan. Di sisi lain, kecenderungan globalisasi, kebutuhan masyarakat, dan tuntutan persaingan yang semakin ketat menuntut perhatian serius pada penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dalam semua bidang. Pemahaman tersebut menegaskan pentingnya PSMMAT untuk melaksanakan suatu manajemen mutu terpadu, termasuk di dalamnya sistem Penjaminan Mutu Pendidikan untuk menjamin agar mutu pendidikan di PSMMAT dapat ditingkatkan sesuai dengan yang direncanakan.

 

Berdasarkan paradigma di atas, PSMMAT Program Pascasarjana Unsyiah perlu menyusun pedoman penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk peningkatan mutu akademik secara berkelanjutan. Pedoman penyusunan ini ditindaklanjuti dengan menyusun beberapa SOP yang meliputi tata pamong, kepemimpianan, pengelolaan, pendaftaran mahasiswa, penyusunan kurikulum, perkuliahan mahasiswa, ujian, evaluasi hasil belajar, tesis dan ujian tesis, pembayaran SPP kuliah, dan pembuatan surat keterangan aktif kuliah mahasiswa PSMMAT Program Pascasarjana Unsyiah.

 

 

DEFINISI

Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah dokumen khusus yang menggambarkan metode dan prosedur kegiatan operasional dan tahapan pelaksanaan kegiatan. SOP ini harus diikuti oleh pihak-pihak yang berkepentingan untuk kegiatan pelaksanaan di Program Studi Magister Matematika Program Pascasarjana.

 

 

TUJUAN

  1. Untuk menjamin peningkatan mutu yang berkesinambungan.

  2. Untuk menjamin keseragaman proses pelaksanaan kegiatan akademik di PSMMAT Program Pascasarjana sehingga tidak menimbulkan perbedaan penafsiran antara

      dosen, mahasiswa, karyawan dan pejabat berwenang.

  3. Untuk memudahkan semua pihak yang terlibat dalam mengikuti prosedur proses akademik yang telah ditetapkan dalam SOP tersebut.

  4. Untuk menyediakan informasi yang penting dalam membantu dosen, mahasiswa, karyawan dan pejabat yang berwenang melakukan kegiatan proses akademik.

 

 

PEDOMAN UMUM

  1. SOP dibuat oleh Tim Penjamin Mutu Akademik PSMMAT. Selanjutnya, draf SOP disosialisasikan pada rapat antara Ketua PSMMAT dengan dosen, mahasiswa,

      karyawan dan pejabat yang berwenang untuk mendapatkan masukan, perbaikan , penetapan, dan disahkan oleh ketua Program Studi Magister Matematika serta

      dilaksanakan.

  2. SOP dibuat secara sederhana serta mudah dipahami dan dilaksanakan.

  3. SOP dievaluasi dan diperbarui secara periodik untuk menjamin prosedur tetap aktual serta menghasilkan kinerja yang berkualitas dan efisien.

  4. SOP meliputi:

       a.Judul dan nomor kode dokumen;

     b.Tujuan;

       c. Ruang lingkup;

       d. Definisi dan istilah-istilah yang digunakan;

       e. Referensi;

        f. Sarana;

       g. Prosedur; dan

       h. Informasi tambahan yang mungkin diperlukan;

 

Standar Operational Prosedur (SOP) Tata Pamong

Berikut Standar Operational Prosedur (SOP) Tata Pamong

Read more: Standar Operational Prosedur (SOP) Tata Pamong

Standar Operational Prosedur (SOP) Pengelolaan

Berikut Standar Operational Prosedur (SOP) Pengelolaan

Read more: Standar Operational Prosedur (SOP) Pengelolaan

Standar Operational Prosedur (SOP) Kepemimpinan

Berikut Standar Operational Prosedur (SOP) Kepemimpinan

Read more: Standar Operational Prosedur (SOP) Kepemimpinan

Standar Operational Prosedur (SOP) Seleksi Mahasiswa Baru

Berikut Standar Operasional Prosedur (SOP) Seleksi Mahasiswa Baru.

Read more: Standar Operational Prosedur (SOP) Seleksi Mahasiswa Baru