Visi dan Misi

 

Visi

Sebagai pusat pendidikan, penelitian, dan pengembangan bidang matematika terapan yang terkemuka pada tahun 2025 dengan mensinergikan antara pengetahuan dan teknologi dalam bidang-bidang yang khususnya terkait dengan aplikasi matematika.

 

 Misi 

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran matematika yang berkualitas untuk menunjang kemampuan penelitian matematika terapan.
  2. Melaksanakan penelitian matematika terapan pada berbagai masalah nyata dengan mendayagunakan kemajuan teknologi komputer.
  3. Membangun kerjasama dengan pemerintah, industri, institusi pendidikan, organisasi profesi dan pemangku kepentingan lainnya untuk pengembangan dan penerapan matematika berbasis teknologi komputer dan informasi.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi matematika terapan berbasis teknologi komputer dalam bidang matematika terapan.
  2. Menghasilkan penelitian matematika terapan lintas sektoral untuk permasalahan nyata yang sesuai dengan perkembangan zaman.
  3. Menghasilkan media pembelajaran matematika yang interaktif, atraktif, bermuatan lokal dan ramah lingkungan untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika khususnya di Provinsi Aceh.

 

Sasaran yang ingin dicapai

  1. Serapan lulusan oleh pengguna lulusan, ditargetkan 50% lulusan terserap didunia kerja pada tahun 2015-2020, 75% pada tahun 2020-2025 dan 80% setelah tahun 2025.
  2. Peningkatan jumlah proposal penelitian oleh dosen tetap program studi yang didanai oleh berbagai lembaga pendanaan seperti DIKTI, RISTEK dan Pemerintah Aceh dengan target 2 (dua) penelitian yang didanai per tahun untuk tahun 2020-2025 dan 4 (empat) penelitian yang didanai pertahun setelah tahun 2025.
  3. Terjadinya percepatan rata-rata masa studi mahasiswa dengan targer jumlah mahasiswa yang lulus di bawah 5 (lima) semester sebanyak 50% untuk tahun 2020-2025 dan jumlah mahasiswa yang lulus di bawah 5 (lima) semester sebanyak 75% setelah tahun 2025.
  4. Terjadi peningkatan layanan online di PSMMAT dan Universitas Syiah Kuala : Layanan pendaftaran mahasiswa baru dan registrasi ulang mahasiswa lama secara online pada tahun 2015, sistem administrasi keuangan secara online pada tahun 2018, sistem KRS dan KHS secara online direncanakan mulai pada tahun 2017.
  5. Adanya peningkatan jumlah artikel tesis mahasiswa yang diterima untuk dipublikasikan pada jurnal, baik lokal, nasional maupun internasional : 2(dua) artikel yang dipublikasikan pada jurnal internasional per tahun untuk tahun 2015-2020, 3 (tiga) artikel yang dipublikasikan pada jurnal internasional per tahun untuk tahun 2020-2025 dan 4 (empat) artikel yang dipublikasikan pada jurnal internasional per tahun setelah tahun 2025.

 

Strategi Pencapaian

  1. Mengembangkan kurikulum berbasis KKNI dengan memperhatikan keinginan pasar dan Stakeholder di tingkat lokal, nasional dan regional.
  2. Menentukan Roadmap penelitian agar penelitian yang dilakukan di PSMMAT lebih fokus, merupakan hasil kolaborasi antar beberapa bidang ilmu, dan memperhatikan potensi daerah, kebutuhan masyarakat, dan sumber daya yang tersedia di PSMMAT.
  3. Mendorong pembelajaran secara mandiri berbasis e-learning menggunakan sistem e-learning yang telah dibangun oleh universitas.
  4. Menjalankan manajemen internal program studi menggunakan sistem informasi dan database institusi dan mengembangkan sistem informasi baru untuk data-data yang belum dimiliki oleh universitas.
  5. Mengembangkan program magang riset mahasiswa di berbagai institusi riset pemerintah, swasta dan insustri baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.
  6. Meningkatkan kerjasama penelitian dan publikasi dengan institusi dalam dan luar negeri.